Awal Tahun, Perbatasan RI-PNG Dipadati Pengunjung

Awal Tahun, Perbatasan RI-PNG Dipadati Pengunjung

Suasana Awal Tahun Baru 2018 di Titik Nol Perbatasan RI-PNG

Metro Merauke – Tugu Titik Nol, perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua dipadati pengunjung pada awal tahun ini, sejak 1-2 Januari.

Padatnya pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, menyebabkan arus lalu lintas menuju ke lokasi macet hingga sepanjang satu kilometer.

Kapolsek Sota, Iptu Ma’ruf Suroto mengatakan, selama ia bertugas di Sota, baru awal, 2018 ini pengunjung memadati daerah perbatasan.

“Tempat parkir yang sudah di siapkan tidak dapat menampung kendaraan pengunjung. Kami menambah tempat parkir di Pos TNI dan tempat parkir pada area Rukan Polsek Sota,” kata Iptu Ma’ruf Suroto, Selasa (2/1).

Menurutnya, kemacetan disebabkan kondisi jalan yang sempit dan areal parkir tidak mencukupi. Pemerintah daerah disarankan dapat membuat dua jalur ke wilayah perbatasan, dan menambah areal parkir.

“Juga perlu membuat honai tempat masyarakat beristirahat, sehingga masyarakat yang berlibur, dapat beristirahat dengan nyaman,” ujarnya.

Kata dia, kurangnya pengelolaan area tugu perbatasan, menyebabkan kondisi di wilayah itu terlihat tidak terurus. Masyarakat di sekitar, maupun yang hendak berkunjung ke tugu perbatasan, diharapkan menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak merusak fasilitas atau lingkungan.

“Mari lebih peduli terhadap lingkungan kita, dengan menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban, sehingga Merauke istana damai, bukan hanya slogan,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement