Penanganan Kapal Asing Tunggu Jawaban Australia

Penanganan Kapal Asing Tunggu Jawaban Australia

Kapal Yacth Bora

Metro Merauke – Penanganan kapal asing berbendera Belanda, Yacth Bora yang hanyut dari perairain Australia ke perairan Kabupaten Merauke, Papua beberapa waktu lalu, menunggu jawaban pihak Australia.

Asops Danlantamal XI Merauke, Papua, Kolonel Desmon mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Bagian Eropa Departemen Luar Negeri di Jakarta, Ririn, Rabu (4/12).

Kemudian, diarahkan berkoordinasi dengan Kepala Sub Direktorat Jasa Konsule Negara Asing, Irvan Buchori, Dit Konsuler, Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (7/12).

“Pihak Kedutaan Besar Belanda masih berusaha menghubungi pemilik kapal. Pada 22 Desember 2017, kami menerima info dari Bapak Irvan Buchori, kalau Badan Keamanan Laut RI telah mengirimkan surat kepada Duta Besar Belanda untuk Indonesia di Jakarta, Rob Swartbol,” katanya, Jumat (29/12).

Menurutnya, Kedubes Belanda telah menanggapinya. Pihak Belanda telah meneruskan kepada Australia, dan Pemerintah Australia akan menghubungi pemerintah Indonesia untuk tindak lanjut kapal tersebut.

“Ini dikarenakan informasi tentang awak dan kapten yang di selamatkan oleh Coast Guard Australia, ada pada Pemerintah Australia. Kapal Yacth Bora kini dalam pengawasan di Dermaga Macan Tutul Satkamla Lantamal XI Merauke dan kondisinya aman,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement