Menpan RB: Jangan Kaget, Ada Anak Papua Jadi Camat di Madura dan Aceh

Menpan RB: Jangan Kaget, Ada Anak Papua Jadi Camat di Madura dan Aceh

Foto: Feby/Okezone

Metro Merauke – Proses penerimaan Pegawai Sipil Negara (PNS) di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami transformasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan tidak ada lagi istilah titip menitip pada penerimaan PNS. Dengan begitu, PNS dari Papua bisa saja ditempatkan di Aceh.

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bahwa tamatan dari institusinya bisa ditempatkan di mana saja. Artinya, tamatan Institut Kemendagri tidak melulu harus kembali ke daerah asalnya.

“Misalnya anak-anak kita dari Papua setelah lulus bisa ditempatkan di Bandungn, Aceh dan sebagainya. Jadi jangan kaget ke depan akan anak Papua jadi Camat di Bali, Madura, Aceh,” ujarnya dalam acara Penganugerahan Penghargaan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Teladan Nasional dan Anugerah KASN 2017 di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Kamis (28/12).

Menurut Asman, sekarang ini yang harus diperhatikan adalah mengawal sistem penerimaan PNS yang semakin baik dan transparan. Dengan demikian, PNS baru yang bisa didapat memenuhi standar dengan kualitas yang baik.

“Jadi sekali lagi kita kawal sistem penerimaan, kita jadikan ASN sebagai motor penggerak yang profesional,” ujarnya. Asman mencatat akan ada 200.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun di tahun ini dan 2018.

Demikian disampaikan, Menteri PANRB Asman Abnur, dalam acara penganugerahan Penghargaan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Teladan Nasional dan Anugerah KASN 2017, di Lembaga Administrasi Negara (LAN).

“Total pensiun tahun depan dan sekarang lebih dari 200.000 orang. Kita akan menerima di bawah pensiun. Kita harapkan rekruitmen pegawai baru bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Dengan banyaknya PNS yang pensiun di tahun depan, akankah pemerintah membuka lowongan CPNS 2018? “Insya Allah formasi untuk daerah akan dibuka. Kita harapkan daerah dapat pegawai yang punya kemampuan yang tinggi,” ujarnya. (kmj)

Sumber: Okezone

Advertisement