Sebelas Tahun Berdiri, Sasana Tinju Okaba Tetap Eksis

Sebelas Tahun Berdiri, Sasana Tinju Okaba Tetap Eksis

Pendiri Sasana Tinju Okaba, Fenina Nanlohi foto bersama sejumlah petinjunya

Metro Merauke – Sebelas tahun lamanya, sasana tinju Okaba di Kabupaten Merauke, Papua tetap eksis menggembleng anak-anak Papua menjadi petinju profesional, meskipun banyak kekurangan.

Pendiri dan pelatih sasana tinju Okaba, Fenina Nanlohi saat ditemui Metro Merauke, Kamis (28/12) mengatakan, sejak sasana itu didirikan, sudah banyak anak Papua yang telah mengharumkan nama Papua dalam pertandingan tinju skala nasional.

“Dalam setiap even pertandingan tinju, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, pasti saya akan mengirimkan petinju dari sasana Okaba  untuk ikut bertanding dalam beberapa kelas,” katanya.

Menurutnya, hingga kini masih ada 26 orang petinju pria dan wanita yang berlatih rutin di sasana Okaba. Sebagian besar di antaranya adalah anak asli Papua. Dalam beberapa even yang diikuti, para petinju dari sasana Okaba berhasil membawa pulang medali.

“Saya mengambil anak-anak masih kecil, untuk dilatih bertinju. Batas usia selama di sasana adalah 19 tahun. Mereka yang masuk di sasana, saya tampung di rumah saya,” ujarnya.

Katanya, meski sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Merauke, namun gajinya belum mencukupi mengurus berbagai kekurangan di sasana.

“Bagi saya, itu bukan hambatan. Utamanya adalah bagaimana anak-anak Papua dapat menyalurkan talenta yang dimiliki,” ucapnya.

Dikatakan, selama ini Pemkab Merauke sama sekali tidak memberikan kontribusi terhadap sasana Okaba. Namun, meski tak ada dukungan pemerintah, latihan di sasana miliknya harus tetap jalan.

“Anak-anak harus bisa. Itu saja komitmen dan prinsip yang saya pegang,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement