Diterjang Ombak, Kapal Kayu Tenggelam di Laut Arafura

Diterjang Ombak, Kapal Kayu Tenggelam di Laut Arafura

Korban selamat dari tenggelamnya kapal kayu Emiliana GT 6 tenggelam di Laut Arafura Merauke, Papua, Minggu (24/12)

Metro Merauke – Kapal Kayu Emiliana GT 6 tenggelam di Laut Arafura Merauke, Papua, Minggu (24/12).

Kapal yang dinakhodai Abdul Aziz itu tenggelam setelah dihantam ombak di tengah laut Arafura, selepas bertolak dari Merauke, 22 Desember sekira pukul 24:00 WIT.

Kapal yang mengangkut lima ABK, empat penumpang dan bahan pokok itu, berlayar menuju Distrik Waan, Kabupaten Merauke.

Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung saat dikonfirmasi membenarkan tenggelamnya KM Emiliana, Minggu (24/12).

“Kapal dengan lima ABK dan empat penumpang dihantam ombak di tengah laut, dan mengakibatkan kapal miring. Beruntung sembilan orang yang berada di atas kapal berhasil menyelamatkan diri,” kata AKBP Bahara Marpaung belum lama ini.

Menurutnya, lima orang ABK yakni Abdul Azis (nakhoda), Abas, Arman, Atah dan Pleri serta empat penumpang yaitu S Yarmehe, Yakobus Ndiken, Norbertus Sebastian Gebze (anak kecil) dan Darman Ndiken berhasil diselamatkan KM Cahaya Mentari, yang melintas saat kejadian. Para korban dievakusi ke atas kapal, kemudian dibawa ke Merauke.

Menurut pengakuan korban, kapal kayu mulai oleng saat dihantam ombak besar, yang mengakibatkan kapal perlahan tenggalam.

Para ABK sempat mencari kayu dan jerigen untuk dipakai menyelamatkan diri. Setelah beberapa jam terapung di lautan, Kapal Motor Cahaya Mentari yang kebetulan lewat lantas menolong mereka. Semua korban selamat dibawa ke dermaga Polairud Merauke. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement