BPTP Gelar Workshop LPBE-WP

BPTP Gelar Workshop LPBE-WP

Kegiatan Workshop di Merauke

Metro Merauke – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua, menyelenggarakan workshop pertanian lumbung pangan berorientasi ekspor wilayah perbatasan  (LPBE-WP) Papua di Merauke, Jumat (15/12).

Worshop ini untuk menjalin kesepahaman partner kerja yang berkaitan dengan lumbung pangan berorientasi ekspor Provinai Papua 2018. Misalnya apa komoditas yang mendongkrak nilai ekonomi di Merauke, Boven Degoel, Pegunungan Bintang, Kerom dan Jayapura.

“Sejauh mana kemampuan pangan komoditas yang ditetapkan untuk mengisi lumbung pangan. Kalau tidak punya nilai ekonomi, tidak bisa diekspor,” kata Kepala BPTP Papua, Yuliantoro Balian dalam workshop.

Menurutnya, regulasi kelayakan infrastruktur dalam mendukung kegiatan ekspor perlu dilihat apakah memungkinkan atau tidak. “Ini yang harus dirumuskan bersama, apa yang perlu kita lakukan dan persiapkan kedepannya,” ujarnya.

Katanya, khusus wilayah perbatasan negara, sangat penting dibentuk tim perbatasan di kabupaten agar dalam mengurus ekspor pangan tidak harus menunggu orang pusat.

“Kemudian, perlu hadirkan BUMD supaya tidak terjadi over produksi dan ada alur pemasaran,” katanya.

Dilihat dari luas lahan, tekstur tanah dan persediaan air, Merauke sangat menjamin dapat menghasilkan komoditi pertanian unggulan.

“Namun, selain ketersediaan peralatan memadai, dibutuhkan persiapan masyarakat dalam bertani,” kata Asisten I Setda Merauke, Sunarjo ketika membuka workshop. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement