Program Diminta Tepat Sasaran

Program Diminta Tepat Sasaran

Jajaran Pemerintah Distrik Saat Mengikuti Sosialisasi | Foto: Ady

Metro Merauke – Perencanaan menjadi tahapan yang sangat penting dalam setiap program kegiatan yang akan dilaksanakan. Karena itu, perencanaan harus bisa dilakukan dengan baik sesuai mekanisme yang ada. Dengan demikian, program yang dilaksanakan akan tepat sasaran dan tertib administrasi.
Hal itu dikemukakan Asisten I Sekda Kabupaten Merauke, Sunarjo,S.Sos, saat membuka sosialisasi kebijakan perencanaan pembangunan daerah dan seminar akhir penyusunan strategis percepatan empat pilar satu penyangga (muatan RPJMD) Kabupaten Merauke di Gedung Bellafiesta, Rabu (13/12).

Dikatakan, jika perencanaan tidak dilakukan dengan baik maka bisa terjadi tumpah tindih kegiatan. Apalagi dengan adanya pelimpahan kewenangan ke distrik yang disertai dengan anggaran, maka tanggungjawab ini harus bisa benar-benar dilakukan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.

“Kewenangan yang ada di dinas, di Bupati, di Wakil Bupati, itu dilimpahkan ke distrik disertai dengan uang. Implimentasi ya itu. Kalau tidak, sektor bikin dia punya, kewilayahan tidak pernah tahu,”ujarnya.

Sedangkan terkait dengan empat pilar program pembangunan sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati adalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi. Kemudian, satu penyangganya adalah olahraga, budaya dan pariwisata. Itulah yang menjadi fokus dan perioritas dalam RPJMD Tahun 2016 sampai 2021, dimana didalamnya ada sasaran dan indikator yang ingin dicapai.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kabupaten Merauke, Fransiskus Tutur Prajitno, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian persiapan awal untuk pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2018. Singkronisasi RPJMD dan empat pilar satu penyangga tersebut, saat ini sedang ‘digodok’.

“Dengan seminar ini, diharapkan percepatan program RPJMD terkait empat pilar satu penyangga bisa tuntas diperiode 2016-2021,”tukasnya. (Tim Pasificpos)

Sumber: Pasificpos

Advertisement