Pemkab Merauke Studi Banding Tata Kelola Pemerintahan ke Lampung Utara

Pemkab Merauke Studi Banding Tata Kelola Pemerintahan ke Lampung Utara

Kabag Protol Setdakab Merauke, Thomas Kimko | lampost/Fajar Nofitra

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menerima kunjungan rombongan dari protokoler Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. “Mereka datang jauh-jauh hanya untuk melihat dan studi banding mengenai tata kelola pemerintahan yang baik. Alhamdulillah daerah kita dijadikan rujukannya,” kata Kepala Diskomifo Lampura, Sanny Lumi, Senin (11/12) malam, saat ngobrol santai didampingi rombongan Setkab Merauke.

Hal itu diamini ketua rombongan, Thomas Kimko yang juga Kabag Protokol Setdakab Merauke itu. Menurutnya, dipilihnya Lampura sebagai tempat menimba ilmu tata kelola pemerintahan karena dianggap telah mampu membangun daerahnya lebih baik dari sebelumnya sehingga bisa dijadikan rujukan, meskipun jauh.

“Saya rasa tidak berlebihan daerah bisa maju sejajar dengan daerah lain yang telah lama berdiri. Hal itu tampak nyata dari komitmen serta terobosan yang diterapkan kepala daerahnya dalam melaksanakan pembangunan. Di sini tidak jauh berbeda dengan di tempat kami pesatnya, meski umurnya jauh karena kami telah berdiri tiga abad lamanya,” kata dia.

Meski demikian, perlu adanya dukungan dari seluruh satker yang ada di wilayah itu serta seluruh unsur masyarakatnya. Sebab, hal demikian akan sia-sia bila tidak ada yang demikian.

“Jadi peranan masing-masing satker diharapkan dalam mendongkrak PAD di sini. Sebab, di sanalah letak fondasi dalam melakukan pembangunan di segala aspek kehidupan masyarakat. Seperti potensi daerah wisata, karena di sanalah letak uang akan masuk ke daerah,” tambahnya.

“Banyak yang dapat dikembangkan di sini, seperti tempat wisata. Tapi lagi-lagi perlu komitmen dari satker terkait, seperti Dispora, Koperasi

UMKM, Perdagangan, dan lainnya. Kalau infrastruktur diperbaiki, usaha rakyat di-support, ekonomi akan tumbuh disana. Dan lainnya ikut, termasuk masyarakatnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban maka orang alan betah datang kemari,” pungkasnya. (Fajar Nofitra/Mat Saleh)

Sumber: Lampost

Advertisement