Perusahaan Wajib Bayar THR Natal Karyawannya pada H-7

Perusahaan Wajib Bayar THR Natal Karyawannya pada H-7

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Disnaker Merauke, Hartono Hananto

Metro Merauke – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Merauke, Papua mengeluarkan surat edaran, setiap perusahaan di daerah itu wajib membayarkan tunjangan hari raya (THR) Natal kepada karyawannya pada H-7.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Disnaker Merauke, Hartono Hananto mengatakan, kebijakan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 jo Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016 tentang THR hari raya keagamaan untuk pekerja/buruh perusahaan.

“Jika perusahaan telat membayar THR, sanksi yang harus ditanggung perusahaan berupa denda 5 persen dari total THR,” katanya kepada wartawan di ruang kerja, Kamis (7/12).

Menurut dia, pihaknya akan melakukan monitoring langsung untuk memastikan penerapan pembayaran THR di setiap perusahaan.

Semua perusahaan di Merauke diingatkan tidak terlambat membayarkan THR kepada para karyawannya, karena ini merupakan hak wajib para pekerja.

“Di dalam surat edaran itu, jelas diatur mengenai pembayaran tunjangan. Harapannya setiap perusahaan yang mempekerjakan karyawan, wajib mematuhinya,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement