Masa Adven, Umat Katolik Diajak Murnikan Diri

Masa Adven, Umat Katolik Diajak Murnikan Diri

Uskup Agung Merauke, Mgr. Nicholas Adi Saputra, MSC

Metro Merauke – Uskup Agung Merauke, Papua, Mgr. Nicholas Adi Saputra, MSC mengajak umat Katolik memurnikan diri pada masa adven, lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan meningkatkan kualitas pribadi.

Ia mengatakan, masa adven, dimana umat Kristen, khususnya Katolik mempersiapkan batin dan pikiran menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus, melalui pertobatan pada Natal tahun ini yang bertemakan, “Hendaklah damai sejahtera Tuhan kita Yesus Kristus tinggal di dalam hati mu”.

“Ungkapan damai adalah sebuah tekad membahagiakan sukacita, membawa ketenteraman untuk diri sendiri dan sesama. Namun, dalam kebutuhan setiap hari, sering mengganggu usaha menciptakan damai,” kata Uskup Agung Merauke, Mgr. Nicholas Adi Saputra, MSC, Kamis (7/12).

Menurutnya, orang menjadi mudah marah, tersinggung dan kecewa. Jika setiap orang dapat menahan gejolak dan perasaan, itulah kedewasaan, tingkat kematangan yang membuatnya semakin bijaksana mengatasi masalah lebih besar.

“Kita semua digugah oleh Yesus Kristus menjadi penerus kedamaian di tengah dunia. Tuhan akan melengkapi rahmat dan anugerah yang dibutuhkan manusia. Ajaklah keluarga dan sesama kita bersama mengusahakan hal yang baik ini,” ujarnya.

Katanya, setiap pribadi atau umat ciptaan Allah mempunyai bagian terpenting yang harus dimilikinya, yakni usaha dalam pemurnian diri. Semakin manusia berharap kehadiran Tuhan dengan selayaknya, pertobatan sungguh sangat perlu diusahakan.

“Cara lain, mengikuti bimbingan rohani, sehingga jalan yang terasa sulit dan berat untuk ditempuh akan menjadi ringan. Semoga masa adven, menjadi masa rahmat bagi kita dan semua orang yang berkehendak baik,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement