TNI AU akan Lebih Intens Awasi Muatan Pesawat Hercules

TNI AU akan Lebih Intens Awasi Muatan Pesawat Hercules

Ilustrasi Pesawat Hercules C-130

Metro Merauke – Pangkalan TNI Angkatan Udara Kabupaten Merauke, Papua akan lebih intens mengawasi dan memeriksa dokumen muatan, baik orang maupun barang, yang akan diangkut pesawat Hercules, sebelum terbangkan ke daerah tujuan.

Sikap ini diambil pascapenyelundupan ratusan botol minuman beralkohol (minol) menggunakan pesawat C-130 hercules dari Merauke ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pekan lalu.

Danlanud Merauke, Papua, Kolonel Penerbang Awang Kurniawan mengatakan, pihaknya akan lebih waspada dan hati-hati terhadap orang atau barang yang akan diangkut pesawat hercules, dengan maksimalkan penggunaan alat deteksi.

“Upaya lainnya, kami lakukan penyimpanan barang selama 1×24 jam sebelum pengiriman, terutama pemeriksaan secara manual khusus benda cair,” kata Kolonel Penerbang Awang Kurniawan, Rabu (6/12).

Menurutnya, kasus penyelundupan minol ke Wamena menjadi pelajaran, dan pihaknya tak ingin kejadian serupa terulang.

“Akan lebih intens dalam pengawasan atau pemeriksaan barang, sehingga segala motif atau cara penumpang maupun masyarakat yang akan melakukan pengiriman barang ilegal, tidak terulang kembali,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement