Lantamal XI Gelar Upacara pada Peringatan Hari Armada RI

Lantamal XI Gelar Upacara pada Peringatan Hari Armada RI

Foto bersama usai pelaksanaan upacara Hari Armada RI, Selasa (5/12) di Lantamal XI Merauke

Metro Merauke – Lantamal XI Merauke, Papua menggelar upacara pada peringatan Hari Armada, Selasa (5/12).

Wakil Komandan Lantamal XI Kolonel Laut (P), Jatmiko Hariyono yang memimpin upacara ketika membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi mengharapkan, momen ini menjadi penyemangat untuk membangun TNI AL yang lebih baik ke depan.

Katanya, upacara ini tidak sekadar seremonial, tetapi mengingatkan sejarah berdirinya Armada RI dan pengabdiannya. Armada RI merupakan alat menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasional.

“Situasi dan perubahan lingkungan strategis, baik global, regional maupun nasional bergerak sangat cepat, seiring dinamika politik dan keamanan internasional maupun regional diwarnai berbagai isu,” katanya.

Namun masalah yang kompleks itu bukan menjadi hambatan, tapi tantangan yang harus dihadapi untuk mengamankan kepentingan nasional.

“Armada RI dituntut mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis,” ujarnya.

Katanya, sejalan dengan visi poros maritim dunia, Armada RI harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan kedaulatan negara di laut.

Para prajurit TNI AL diimbau terus meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur melalui latihan. Menjaga soliditas TNI, Polri dan masyarakat terutama pada situasi rawan, seperti pemilu. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement