Kapal Berbendara Belanda Hanyut ke Perairan Merauke

Kapal Berbendara Belanda Hanyut ke Perairan Merauke

Prajurit Lantamal XI tengah melakukan pemeriksaan kapal asing tak bertuan yang sudah ditarik ke dermaga perikanan Merauke

Metro Merauke – Kapal asing tanpa awak berbendera Belanda ditemukan Kapal Angkatan Laut Mulga Satkamla Lantamal XI Merauke, Papua pada posisi 110 mil barat daya Merauke, beberapa waktu lalu.

Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XI Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo mengatakan, saat ditemukan, kondisi kapal terapung di laut. Kapal yatch jenis bora ini dalam keadaan rusak. Tiang tengah layar patah dan hilang. Penahan tiang tengah lambung kiri jebol, diduga karena terhantam badai.

“Kapal sudah ditarik dan disandarkan di dermaga perikanan Merauke, supaya tidak membahayakan alur perairan dan untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya kepada wartawan, Senin (4/12).

Menurutnya, kapal berwarna putih berukuran 12,5 x 3 meter tersebut dalam kondisi kosong, tanpa awak itu, pertama kali ditemukan oleh nelayan. Lantamal XI baru mendapat informasi, Rabu (29/11), bahwa ada kapal yacht jenis bora hanyut dan masuk perairan Merauke.

“Kami langsung mengerahkan KAL Mulga untuk mengevakuasi kapal ke tepian. Diketahui kapal itu memiliki misi kelilingi dunia. Namun saat berada di Australia, mengalami masalah akibat cuaca buruk,” ujarnya.

Katanya, saat kejadian kapal bora mengirim SOS yang diterima Belanda dan langsung dilakukan aksi ke bagian pengamanan pantai di Australia, dan menyelamatkan dua kru kapal. Mereka diangkut menggunakan heli, meninggalkan kapalnya dalam kondisi hanyut hingga memasuki perairan Merauke.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Australia untuk memastikan keselamatan para awak kapal, juga membahas tindaklanjut penanganan kapal yang kini berada di deramaga perikanan Merauke,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement