Status HIV Perlu Diketahui Mereka yang Berusia Minimal 15 Tahun
Cakrawala

Status HIV Perlu Diketahui Mereka yang Berusia Minimal 15 Tahun

Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Papua, Inge Silvia

Metro Merauke – Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Papua, Inge Silvia mengatakan, sesuai saran dan arahan Gubernur Papua, Lukas Enembe, setiap warga yang berusia 15 tahun ke atas, sebaiknya harus mengetahui status HIV dan AIDS-nya.

Ia mengatakan, untuk mengetahui itu, harus melalui pengambilan sampel darah, sehingga dapat diketahui status sesungguhnya. Namun hasil tes HIV dan AIDS bersifat sangat rahasia. Tidak serta merta dibuka ke publik. Biasanya, sebelum pengambilan sampel darah, dilakukan penyuluhan terlebih dahulu.

“Nantinya kami memberikan informasi kepada setiap orang yang diambil darahnya bahwa jika seseorang positif terjangkit HIV dan AIDS, akan dihubungi melalui nomor handphone yang ditinggalkan. Tetapi kalau tak dihubungi, berarti bebas dari penyakit tersebut,” kata Inge kepada Metro Merauke, Kamis (30/11).

Menurutnya, khusus tes terhadap anggota di lingkungan Polres Merauke beberapa waktu lalu, belum semua anggota diambil sampel darahnya, karena mungkin berbagai kesibukan yang sedang mereka jalankan.

“Kami akan agendakan lagi, termasuk di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk pengambilan sampel darah. Rencananya November, hanya ditunda hingga tahun depan, lantaran banyak kesibukan,” ujarnya.  (LKF/Arjuna)

Post Comment