Indonesia Mengecam Peluncuran Rudal Korea Utara Terbaru

Indonesia Mengecam Peluncuran Rudal Korea Utara Terbaru

Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI | Liputan6/Gempur M Surya

Metro Merauke – Pemerintah Indonesia kembali mengecam peluncuran rudal Korea Utara pada 29 November 2017. Kecaman itu diutarakan Kementerian Luar Negeri RI.

Seperti dikutip dari rilis Kemlu RI, Rabu (29/11), tes rudal teranyar yang dilakukan Korea Utara “tidak sejalan dengan semangat untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan dan dunia.”

“Tindakan uji coba rudal balistik lintas benua yang jatuh di perairan Jepang tersebut, menunjukkan tidak tanggung jawabnya Korea Utara dan bertentangan dengan kewajiban Korea Utara terhadap resolusi DK PBB terkait, khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016), 2356 (2017) dan 2371 (2017),” tulis keterangan rilis tersebut.

Selanjutnya, rilis itu menyebut bahwa pemerintah Indonesia mendesak Korea Utara sepenuhnya memenuhi kewajiban internasionalnya, termasuk melaksanakan sepenuhnya resolusi-resolusi DK PBB.

Indonesia menegaskan kembali bahwa stabilitas di Semenanjung Korea sangat penting artinya. RI juga mengajak semua negara, termasuk Korea Utara, untuk berkontribusi terhadap penciptaan perdamaian dan stabilitas di kawasan. (Rizki Akbar Hasan)

Sumber: Liputan6

Advertisement