Pemkab Merauke Sosialisasi Hukum dan UU Melalui Lomba

Pemkab Merauke Sosialisasi Hukum dan UU Melalui Lomba

Pembukaan Lomba Keluarga Sadar Hukum oleh Asisten II Kabupaten Merauke, Selestinus Kahol

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, Papua mensosialisasikan hukum dan undang-undang (UU) yang berlaku kepada masyarakatnya melalui lomba keluarga sadar hukum, yang digelar Bagian Hukum Setda Merauke, dan diikuti perwakilan mahasiswa, Selasa (28/11).

Kepala Bagian Hukum Setda Merauke, Yosep Gebze mengatakan, lomba ini merupakan bagian dari sosialisasi hukum dan UU yang berlaku di seluruh Indonesia kepada masyarakat.

“Mahasiswa adalah salah satu agen perubahaan. Mereka akan menyebarkan informasi kepada teman sebaya tentang aturan hukum dan undang-undang,” kata Yosep.

Menurutnya, perlombaan yang digelar itu, di dalamnya ada UU lalu lintas dan UU tentang bantuan hukum kepada masyarakat yang lemah dari sisi ekonomi, atau tidak mempunyai kemampuan ketika menghadapi perkara.

“Negara menyiapkan pengacara, membantu mendampingi masyarakat untuk menyelesaikan segala persoalan dan membela hak-haknya,” ujarnya.

Katanya, penyimpangan secara nyata dan berulang kali dilakukan adalah pelanggran UU lalu lintas. Masyarakat cenderung tidak taat aturan, sehingga terjadi kecelakaan di jalan.

Tingkat kesadaran hukum di kalangan masyarakat dinilai masih rendah, khususnya pengguna kendaraan.

Asisten II Kabupaten Merauke, Selestinus Kahol mengatakan, pemerintah berkewajiban menyampaikan informasi tentang hukum dan aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan yang lebih baik, teratur, demi keselamatan masyarakat.

“Maka segala upaya menyebar luaskan tentang aturan hukum dan perundang-undangan terus dilakukan. Ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum itu sendiri,” ucapnya ketika membuka lomba. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement