Kenali 4 Manfaat Hebat Terapi Air Garam

Kenali 4 Manfaat Hebat Terapi Air Garam

Foto: Liputan6

Metro Merauke – Saat tubuh lelah, orang-orang zaman dahulu menyarankan mandi air garam. Percaya atau tidak, beberapa orang meyakini kelelahan tubuhnya berkurang.

Di belahan dunia lain, misalnya Yunani, leluhur mereka juga punya kebiasaan mandi air garam. Orang-orang Yunani Kuno meyakini mandi air garam di tepi pantai bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Rupanya Bapak Ilmu Kedokteran Hippokrates, yang pertama kali menemukan manfaat dari terapi air laut dan mandi garam. Hal ini diketahuinya saat melihat nelayan terluka yang lama-lama sembuh setelah terapi air garam.

Agar lebih jelas berikut empat manfaat terapi mandi air garam seperti mengutip Natural Living Ideas, Selasa (28/11).

Bikin tubuh rileks
Mandi air garam memiliki efek melepaskan stres dan bisa membuat tubuh rileks. Dan salah satu terapi yang memanfaatkan kandungan mineral, seperti yang terdapat dalam garam, disebut dengan balneoterapi.

Mengurangi peradangan
Studi di 2012 menunjukkan, teratur terapi mandi air garam membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, bisa mengurangi rasa nyeri terkait penyakit arthrititis.

Peneliti Israel juga menemukan manfaat dari mandi air garam. Mereka mengungkapkan, berendam air garam bisa meredakan otot-otot yang nyeri, misalnya usai berolahraga.

Terapi bagi orang berjerawat
Garam memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Sehingga bagi yang memiliki masalah jerawat tepat bila secara rutin melakukan mandi air garam.

Kulit bersih
Mandi air garam juga memiliki sifat eksfoliasi. Sel-sel kulit mati ikut terangkat ketika mandi air garam. Selain itu kandungan mineral dan nutrisinya membantu kulit jadi lebih lembut seperti disampaikan pakar kecantikan, Shahnaz Husain.

Namun, pastikan memilih garam mandi yang tepat untuk kulit. Jika salah malah bisa membuat jadi ruam. “Sebelum membeli garam mandi pastikan tahu jenis kulit. Bila memiliki kulit sensitif atau berminyak pilih garam mandi lavender,” saran pemilik usaha produk natural Ishween Annad di India, Nyassa mengutip laman Idiva. (Benedikta Desideria)

Sumber: Liputan6

Advertisement