Warga Meninggal Dunia, 10 Oknum TNI Diperiksa

Warga Meninggal Dunia, 10 Oknum TNI Diperiksa

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Asep S Gunawan

Metro Merauke – Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan mengatakan, sebanyak 10 oknum TNI diperiksa terkait meninggalnya Izak, warga Kampung Woner Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke, Papua yang diduga dianiyai oknum TNI.

Brigjen Asep Setia Gunawan menegaskan, akan menindak tegas anggotanya jika terbukti melakukan pelanggaran, kekerasan dan penganiayaan terhadap warga sipil hingga menyebabkan korban meninggal.

Kepada Metro Merauke, Jumat (24/11), ia mengatakan, proses hukum terkait kejadian ini akan tetap berjalan. Kini 10 oknum anggota TNI itu diperiksa Polisi Militer (POM) Angkatan Darat (AD).

“Sebanyak 10 anggota Batalyon 755/Yalet yang bertugas di pos Distrik Kimaam sudah ditarik, selanjutnya mereka menjalani pemeriksaan di POM,” ujar Danrem Asep.

Menurutnya, tugas 10 personel TNI yang ditarik untuk kepentingan pemeriksaan itu, digantikan prajurit TNI lainnya dari batalyon yang sama.

Ia menyatakan prihatin terhadap kejadian tersebut. Sebagai bentuk empati, pihaknya memberikan santuan kepada keluarga korban dan memastikan akan mengusut tuntas kasus ini.

Katanya, informasi yang diperoleh, korban saat itu dalam kondisi mabuk dan membuat keributan sehingga diamankan anggota TNI yang bertugas di wilayah itu.

“Pemeriksaan butuh waktu. Kalau memang anggota kami yang bersalah, pasti akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Kita harus bersabar dan menunggu hasil kerja POM,” ucapya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement