Merauke Peraih Predikat UHC Pertama di Tanah Papua

Merauke Peraih Predikat UHC Pertama di Tanah Papua

Penandatangan komitmen dan perjanjian kerjasama Universal Health Coverage

Metro Merauke – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Merauke menandatangani komitmen dan perjanjian kerjasama Universal Health Coverage (UHC) dengan Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (24/11), disaksikan Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat, Anurman Huda dan Kejaksaan Negeri Merauke.

Anurman Huda mengatakan, Kabupaten Merauke daerah pertama di Tanah Papua atau Provinsi Papua dan Papua Barat yang mencapai predikat UHC dalam melaksankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Capaian Pemkab Merauke ini dinilai sebagai prestasi besar dan membuktikan keseriusan pemerintah di wilayah itu mensejahterakan masyarakatnya.

“Ini prestasi luar biasa, memang dari sekian banyak kabupaten di Papua dan Papua Barat, baru Kabupaten Merauke yang berhasil mendahului dengan predikat Universal Health Coverage, karena telah mengintegrasikan program JKN,” katanya, Jumat (24/11).

Pihak BPJS Kesehatan berkomitmen mendorong setiap pemerintah daerah mensukseskan program JKN-KIS, salah satunya mencapai predikat UHC seperti Pemkab Merauke.

Disisi lain lanjutnya, selaras dengan predikat UHC, ke depan tanggung jawab dan kerja BPJS Kesehatan Merauke semakin besar demi mencapai target, 1 Januari 2019, seluruh penduduk Merauke menjadi peserta JKN.

Katanya, tidak kalah penting pelayanan kesehatan untuk masyarakat perlu dilakukan dengan maksimal

“Dengan begini semakin berat beban BPJS, karena harus meyakinkan penduduk Merauke dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang ditangani BPJS Kesehatan. Hal utama, ini lebih menantang karena Merauke akan menjadi contoh kabupaten lainnya di wilayah Papua,” ujarnya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam sambutannya mengatakan, sektor kesehatan menjadi prioritas. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN, diharapkan seluruh komponen di daerah, terutama masyarakat perlu menjalin sinergitas bersama.

Adanya komitmen UHC, kedepan diharapkan pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement