Ratusan ASN Merauke Diduga Terlibat Parpol

Ratusan ASN Merauke Diduga Terlibat Parpol

Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Merauke, Papua menemukan sebanyak 107 Aparatur Sipil Negara di daerah itu diduga sebagai pendukung partai politik (parpol).

Anggota KPU Divisi Hukum, Maria Kurupat mengatakan, ini menjadi temuan pihaknya ketika melakukan verifikasi faktual pendaftaran partai politik dengan sistem informasi politik (sipol).

“Seratus lebih pegawai negeri ditemukan ada dalam 14 parpol yang memasukan berkasnya ke KPUD,” kata Maria Kurupat, Kamis (16/11).

Selain ASN, ada empat oknum anggota TNI dan dua oknum anggota Polri ditemukan sebagai pendukung parpol. Namun menurutnya, setelah dilakukan pengecekan kembali, tersisa satu oknum anggota TNI aktif dan tidak ada lagi anggota kepolisian.

Menanggapi temuan KPUD itu, Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengingatkan jajarannya memahami aturan dan ketentuan ASN.

“ASN dilarang terlibat dalam politik dan harus menjaga netralitas,” kata Bupati Freddy.

Katanya, hingga kini ia belum mendapatkan laporan hasil verifikasi KPUD terkait ada ASN yang mendukung partai politik tertentu.

Ia memastikan, jika ada ASN terindikasi dan terbukti terlibat parpol, sanksinya tegas dan jelas. Dihukuman sesuai aturan dan ketentuan Undang-Undang ASN.

“Kalau memang ASN ada ditemukan, hasilnya akan diserahkan ke inspektorat untuk dilihat kembali sejauh mana keterlibatan para ASN dalam kegiatan politik praktis itu,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement