Soal Penganiayaan Wartawan Okezone, DPR: Pekerjaan Mereka Dilindungi Undang-Undang

Soal Penganiayaan Wartawan Okezone, DPR: Pekerjaan Mereka Dilindungi Undang-Undang

Anggota DPR RI Muhammad Safii | Foto: Okezone

Metro Merauke – Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Syafii menyayangkan adanya tindakan kekerasan yang dialami oleh jurnalis dan dilakukan oleh aparat keamanan. Kekerasan kali ini dialami jurnalis Okezone, Saldi Hermanto di Timika, Sabtu 11 November malam oleh oknum kepolisian dari Polres Mimika, Papua.

Padahal, menurut Syafii pekerjaan seorang jurnalis terlindungi oleh undang-undang seperti UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Sebenarnya antisipasi sudah cukup. UU sudah ada, UU Keterbukaan Informasi Publik sudah ada, kemudian UU tentang tak boleh menghalangi-halangi jurnalis dapat informasi juga ada,” ujar Syafii saat dihubungi Okezone, Senin (13/11).

“Kalau memukul orang lain aja masuk tindak pidana, nah apalagi ini jurnalis yang sedang tugas mendapatkan berita,” imbuh Syafii.

Politikus Partai Gerindra itu menegaskan segala tindakan pidana yang menjerat seorang jurnalis saat sedang mencari berita harus diusut hingga tuntas. Kepolisian, lanjutnya harus berani mengusut tuntas kasus kekerasan terhadap jurnalis yamg dilakukan oknum-oknum tak bertanggungjawab di Polri.

“Jadi kalau masih ada pelanggaran ya memang oknumnya yang melanggar hukum. Harus ditinndak itu,” tegasnya. (muf)

Sumber: Okezone

Advertisement