OAP di Nggutibob Miliki Hingga Empat Hektar Sawah

OAP di Nggutibob Miliki Hingga Empat Hektar Sawah

Ketua Kelompok Nukiaman, Yohanes Kandaimu

Metro Merauke – Ketua Kelompok Nukiaman Kampung Nggutibob, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Yohanes Kandaimu mengatakan, kelompoknya beranggotakan 32 anggota yang merupakan orang asli Papua dan setiap kepala keluarga (KK) memiliki area sawah seluas 3 hingga 4 hektar.

“Sebagian lahan telah ditanami dan sisanya masih dalam proses. Sudah beberapa tahun terakhir, kami membuka lahan dan menanam padi,” katanya, Selasa (14/11).

Menurutnya, ketika musim tanam atau menjelang panen, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) selalu melakukan pendampingan dan memotivasi para petani.

“Meskipun sudah beberapa tahun menanam, namun kami masih terus belajar dan meminta pendampingan dari PPL maupun masyarakat eks transmigrasi, karena mereka lebih memahami proses tanam dan merawat padi hingga panen,” ujarnya.

Katanya, kendala yang terkadang dihadapi petani OAP menjelang panen, padi mereka sering terserang hama wereng, sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal. “Meski begitu, para petani tak putus asa,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement