Kekurangan Personel, Masyarakat Dilatih Menjadi Petugas Air Navigasi

Kekurangan Personel, Masyarakat Dilatih Menjadi Petugas Air Navigasi

Pelatihan pelayanan meteorologi penerbangan di bandar udara kawasan Merauke dan sekitarnya

Metro Merauke – Keterbatasan personel meteorologi dan petugas air navigasi di bandara pedalam Papua membuat Otoritas Bandar Udara Wilayah X Papua merekrut dan melatih masyarakat di sekitar bandara menjadi petugas navigasi.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Papua, Usman Efendi mengatakan, pelatihan pelayanan meteorologi penerbangan di bandar udara kawasan Merauke dan sekitarnya, merupakan inovasi baru karena keterbatasan personel.

“Pelatihan dilakukan karena pemberi informasi dari airnav kepada pilot pesawat masih kurang, bahkan tidak ada di bandara pedalaman,” katanya di salah satu hotel di Merauke usai pelatihan, Rabu (8/11).

Menurutnya, nantinya tenaga di sekitar bandara yang dilatih ini, akan memberikan informasi cuaca kepada airnav, untuk dilanjutkan kepada penerbang (pilot), guna membantu keselamatan dalam penerbangan.

Dalam pelatihan mereka dibekali sumber daya yang cukup, sehingga dapat membantu memberikan informasi kepada penerbang, ketika ada gangguan cuaca atau lainnya.

Pelatihan petugas pelosok merupakan kerjasama antara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Air Navigasi dan Otoritas Bandara Wilayah X, untuk mengatasi masalah agar tidak menghambat kelancaran transportasi udara ke daerah pedalaman.

“Pihak otoritas rutin melakukan pengawasan di seluruh bandara, untuk melihat kondisi bandara yang ada wilayah tugasnya,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement