Diduga Dandes Diselewengkan, Kepala Kampung Menghilang

Diduga Dandes Diselewengkan, Kepala Kampung Menghilang

Masyarakat di Kampung Nggolar, Distrik Merauke

Metro Merauke – Kasat Reskrim Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Muchsit Sefian mengatakan, pihaknya kini menyelidiki dugaan penyelewengan dana desa (dandes) Kampung Nggolar, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Menurutnya, dana itu merupakan alokasi tahun anggaran 2016. Namun ketika penyidik kepolisian ke Kampung Nggalor beberapa waktu lalu meminta keterangan warga dan melihat fisik pembangunan yang dilakukan, kepala kampung tidak berada di tempat.

“Penyidik berharap kepala Kampung Nggolar berada di tempat. Namun sayangnya, bersangkutan menghilang terlebih dahulu. Kami akan melayangkan surat pemanggilan agar datang ke Polres untuk dimintai keterangan,” katanya, Rabu (8/11).

Ia mengatakan, hasil pemeriksaan lapangan, program yang telah direncanangan tidak ada realisasinya. Misalnya, pembukaan lahan persawahan, pengadaan traktor, jaring untuk warga, dan beberapa kegiatan lain.

“Itu tidak nampak sama sekali. Selain itu, honor para ketua RT hanya diberikan dua bulan. Selanjutnya, tidak berjalan lagi. Padahal, telah dianggarkan secara bersama-sama,” ujarnya.

Katanya, nominal dana desa 2016 dalam rancangan anggaran belanja (RAB) berkisar Rp700 juta. Namun yang tercatat di rekening bank mencapai  Rp3 miliar. “Ini yang harus dikroscek kembali kepada Badan Pemerintahan Kampung terlebih dahulu,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement