Polres Merauke akan Tanyakan Isu Pemanggilan Bupati ke KPK

Polres Merauke akan Tanyakan Isu Pemanggilan Bupati ke KPK

Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze

Metro Merauke – Kapolres Merauke, Papua, AKBP Bahara Marpaung mengatakan, sangat dimungkinkan pihaknya akan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memastikan kebenaran isu yang menyebut lembaga itu melayangkan surat panggilan kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

Ia mengatakan, ini perlu dilakukan polisi sebagai tindak lanjut dugaan pencemaran nama baik melalui media sosial terhadap bupati Merauke, dan telah dilaporkan kuasa hukumnya kepada Polres, Sabtu malam (4/11).

“Benar laporan sudah kami terima dan akan ditindak lanjuti untuk penyelidikan,” kata Kapolres kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (6/11).

Menurutnya, laporan dibuat Bupati Freddy melalui kuasa hukumnya, Muhammad Ilyas dengan laporan polisi nomor LP/389/X/2017/Papua/Res/Mrk/ tentang pencemaran nama baik lewat media sosial dengan terlapor pemilik akun facebook berinisial HT.

“Dalam penanganan kasus ini, akan kami dilakukan secara profesional, proporsional dan transparan. Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan kroscek untuk mengetahui asal usul surat, siapa yang membuat, benar atau tidak surat tersebut dikeluarkan oleh instansi yang berwenang,” ujarnya.

Katanya, ini mengarah pada pasal pencemaran nama baik melalui akun facebook sebagaimana dalam Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 Tahun 2007 tentang ITE.

“Sudah dibuat rencana penyelidikan. Jika bukti permulaan cukup, dilanjutkan dengan memanggil pihak-pihak terkait, termasuk terlapor HT dan pelapor yang merasa dirugikan,” katanya.

Kapolres mengingatkan masyarakat lebih bijak menggunakan dan memanfaatkan teknologi, utamanya media sosial hendaknya digunakan untuk aktivitas positif yang membangun.

“Jika digunakan untuk hal negatif akan berurusan dengan hukum pidana,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement