Dinkes Papua Sosialisasikan Program Imunisasi Campak-Rubella

Dinkes Papua Sosialisasikan Program Imunisasi Campak-Rubella

Imunisasi Campak Rubella Di Sekolah. Petugas Puskesmas Sindangbarang Bogor memberikan imunisasi campak Rubella kepada siswa di SD Insan Kamil, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/8). Pemberian imunisasi campak Rubella dilaksanakan dalam dua fase, yakni Agustus - September 2017 di seluruh wilayah Pulau Jawa dan pada Agustus - September 2018 di seluruh provinsi di luar pulau Jawa dengan target mencapai cakupan minimal 95 persen agar eliminasi campak dan pengendalian Rubella dapat terwujud pada 2020 | Foto: Dokumentasi/Antara/Arif Firmansyah

Metro Merauke – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua mulai menyosialisasikan program vaksinasi Measles Rubella (MR) untuk menangkal penyakit campak dan rubella, yang akan dilaksanakan secara gratis di 2018.

Kepala Dinkes Provinsi Papua drg Aloysius Giyai MKes di Jayapura, Minggu, mengatakan sosialisasi amat penting agar diketahui masyarakat banyak, terutama para ibu agar nantinya membawa anaknya untuk mengikuti vaksinasi MR itu.

“Tahun depan Dinkes Papua akan lakukan imunisasi campak dan rubella. Saya harapkan semua diikuti, sayang anak supaya tetap kebal terhadap berbagi penyakit yang muncul di berbagai daerah,” kata Aloysius.

Menurut dia, imunisasi campak-rubella gratis sehingga diharapkan seluruh masyarakat membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi itu.

“Bawalah anak-anak untuk mendapatkan imunisasi campak-rubella ditempat layanan kesehatan terdekat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinkes Papua Togu Sihombing, mengatakan Dinkes Papua memprogramkan vaksinasi Measles Rubella (MR) untuk menangkal penyakit campak dan rubella di tahun anggaran 2018, yang akan diawali dengan sosialisasi di masing-masing kabupaten/kota.

“Jadi sebelum ada vaksin MR, hanya campak jadi campak saja yang diobati. Untuk 2018 akan ada imuninasi campak dan rubella, atau dua sekaligus diobati dengan satu vaksin,” ujarnya.

Ia mengatakan, Dinkes Papua akan mendatangkan pemateri dari Kementerian Kesehatan untuk menyosialisasikan imuninasi MR kepada masing-masing Dinkes kabupaten/kota yang ada, yang akan dipusatkan di Kota Jayapura. (Musa Abubar)

Sumber: Antara

Advertisement