Pemahaman Guru Terhadap K13 Perlu Ditingkatkan

Pemahaman Guru Terhadap K13 Perlu Ditingkatkan

Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Tingkat Paud tahun 2017 di salah satu hotel di Merauke, Papua, Kamis (2/11)

Metro Merauke – Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Merauke, Papua, Nurul mengatakan, pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 (K13) belum maksimal, sehingga perlu peningkatan melalui pelatihan, karena belum ada kesepahaman tentang kurikulum yang diajarkan kepada anak TK dan Paud.

Menurutnya, untuk mengatasi ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke mengadakan pelatihan kompetensi tenaga pendidik TK/ Paud 2017, Kamis (2/11).

“Diharapkan semua guru lebih memahami tentang kurikulum 2013 yang akan diajarkan kepada anak didik,” kata Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Nurul di Merauke, Kamis (2/11).

Katanya, minimnya pelatihan, infrastruktur dan jaringan komunikasi yang tidak memadai menyebabkan banyak guru belum bisa menerapkan K13 kepada siswa, sesuai harapan pemerintah.

“Dengan adanya pelatihan yang berkelanjutan, maka hasil implementasinya kepada para murid akan sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam penjelasan bedah kurikulum, guru harus dapat mengkoneksikan perkembangan anak dengan rumus indikator yang diatur pemerintah.

“Pemahaman psikologi guru terhadap anak sangat dibutuhkan, tidak sekadar belajar dan mengajar,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement