Ribuan Warga Merauke Terancam Krisis Air Bersih

Ribuan Warga Merauke Terancam Krisis Air Bersih

Warga tengah mengambil air di sumur yang ada di salah satu sudut Kota Merauke

Metro Merauke – Sebanyak 4.000 warga Kabupaten Merauke, Papua, yang merupakan pelangggan air bersih dibawa pengelolaan PT Wedu terancam krisis air bersih, lantaran dalam beberapa hari terakhir, sumber air bersih di Rawa Biru, Distrik Sota dipalang pihak yang mengklaim sebagai pemilik ulayat.

Kini warga yang menjadi pelanggan air bersih PT Wedu Merauke mulai kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Pelanggan harus mencari air bersih ke sumur.

Direktur PT Wedu, Katrina Rapar mengatakan, sudah lima hari ini aktifitas pelayanan distribusi air bersih ke pelanggan lumpuh total.

“Sama sekali tidak bisa melayani, karena sejak, Jumat sore pekan lalu, stasiun pompa air di Rawa Biru kembali dipalang pemilik ulayat,” ujarnya kepada Metro Merauke, Rabu (1/11).

Katanya, PT Wedu tak dapat berbuat banyak. Pihaknya mengharapkan pelanggan dapat memahami kondisi ini, sehingga pelayanan tidak maksimal.

“Tentu kami harapkan permasalahan ini dapat segera ada jalan keluarnya dan terselesaikan,” ujarnya.

Menurutnya, kini warga yang mengklaim sebagai pemilik ulayat minta kembali berdialog dengan Bupati Merauke, Frederikus Gebze. Sejak awal pemalangan, pihaknya telah melaporkan masalah itu ke Pemkab Merauke untuk diselesaikan. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement