Warga dan Polisi Berupaya Padamkan Kebakaran Hutan di Merauke

Warga dan Polisi Berupaya Padamkan Kebakaran Hutan di Merauke

Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Marthen KOagouw ikut memadamkan api bersama warga

Metro Merauke – Kabag Ops Polres Merauke, Papua, Komisaris Polisi (Kompol) Marthen Koagouw bersama beberapa warga memadamkan api secara manual, ketika terjadi kebakaran hutan di daerah Kuda Mati, Kelurahan Kelapa Lima, Merauke, Selasa (31/10).

Pantauan Metro Merauke, sekira jam 13.00 WIT, beberapa rumah di sekitar lokasi nyaris terbakar. Melihat hal itu Komisaris Polisi (Kompol) Marthen Koagouw bersama warga berupaya memadamkan api menggunakan pelepah pisang. Namun upayah tersebut tidak berhasil.

Berselang setengah jam kemudian, mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi dan langsung memadamkan kobaran api.

“Kalau kita semua hanya menonton, beberapa rumah di sekitar bisa terbakar. Jadi, sambil menunggu datangnya mobil pemadam kebakaran, saya bersama beberapa warga melakukan pemadaman secara manual,” katanya.

Menurutnya, tidak diketahui pasti siapa yang membakar hutan di sekitar lokasi. Namun kondisi itu mengancam warga, lantaran titik api berdekatan dengan beberapa rumah penduduk.

Kepala Bidang Damkar Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Merauke, Sulistiyanto mengatakan, setelah mendapat informasi ada kebakaran di Kuda Mati, pihaknya langsung bergerak ke lokasi dengan mengerahkan mobil pemadam.

“Pemkab Merauke memiliki dua mobil damkar dengan kapasitas tanki air 6.000 liter. Kami langsung memadamkan sisa api di lokasi kebakaran,” ucapnya.

Katanya, dalam setiap kesempatan, pihaknya selalu mensosialisasikan kepada masyarakat supaya tidak membakar hutan sembarangan, apalagi  di sekitar, terdapat perumahan warga maupun fasilitas pemerintah. (LKF/Arjuna)

Advertisement