Temu Keluarga Sadar Hukum Diselenggarakan di Merauke

Temu Keluarga Sadar Hukum Diselenggarakan di Merauke

Mahasiswa Merauke Ikut Kegiatan Temu Keluarga Sadar Hukum

Metro Merauke – Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke, Papua menyelenggarakan temu keluarga sadar hukum untuk mahasiswa di kabupaten itu, di Aula Kanol Sai, RRI Merauke, Senin (30/10).

Asisten Satu Bupati Merauke, Sunarjo ketika membuka kegiatan mengatakan, tujuan temu keluarga sadar hukum ini, supaya generasi muda lebih mengenal aturan hukum dan undang-undang yang berlaku di tanah air.

Katanya, dalam kegiatan disampikan mengenai undang-undang narkotika, undang-undang lalu lintas, undang-undang perlindungan perempuan dan anak, undang-undang informasi teknologi, serta aturan hukum lainnya.

“Ini supaya mahasiswa dan masyarakat mengetahui dan taat aturan. Sebab, sudah banyak masyarakat yang melanggar aturan karena tidak mengerti,” kata Sunarjo.

Kepala Satuan Narkoba Polres Merauke, AKP. Nuryanti mengatakan, masalah narkoba di Merauke, peredaran dan pemakaiannya semakin marak.

“Bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan medis, tetapi dimanfaatkan oknum tertentu untuk dikonsumsi dan mencari keuntungan,” ujar AKP. Nuryanti.

Menurutnya, Satuan Narkoba dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan berpedoman pada undang-undang narkotika, melakukan penyelidikan, pengawasan dan penahanan terhadap masyarakat  yang terlibat narkotiba, dan menekan penyalahgunaan obat terlarang tersebut.

Katanya, ada dampak yang akan dialami ketika seseorang sering mengkonsumsi semua jenis narkotika. Peserta diharapkan dapat mengerti dan menghindari obat terlarang itu.

“Sekarang komposisi narkotika sudah diramu dari berbagai macam bahan, sehingga akan sangat berbahaya untuk pemakainya. Sama saja memasukan racun ke dalam tubuh,” ucapnya.

Untuk masalah pelanggaran aturan dan rambu lalu lintas, telah menyebabkan kecelakaan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan keselamatan di jalan.

Para mahasiswa dan masyarakat diharapkan dapat menjadi contoh yang baik. Mahasiswa diharap membantu masyarakat untuk tidak menyalahgunakan dan harus taat setiap aturan hukum yang berlaku. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement