Tahun Depan, Merauke Target 54.243 Hektar Lahan Padi

Tahun Depan, Merauke Target 54.243 Hektar Lahan Padi

Musyawarah penetapan luas tanam, panen dan produksi musim tanam rendengan 2017/2018 dan musim tanam gadu 2018 tingkat Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Papua, Edi Santosa mengatakan, musim tanam padi, 2018 mendatang, pihaknya manargetkan penanaman di lahan seluas 54.243 hektar.

Hal itu dikatakan Edi dalam musyawarah penetapan luas tanam, panen dan produksi musim tanam rendengan 2017/2018, dan musim tanam gadu 2018 tingkat Kabupaten Merauke di salah satu gedung pertemuan di Kota Merauke, Senin (30/10).

“Untuk itu kami butuh verifikasi data rencana luas tanam di masing-masing distrik dan masing-masing kampung,” kata Edi dalam sambutannya.

Menurutnya, program prioritas 2018 adalah perluasan areal tanam padi seluas 3.000 hektar, dan penambahan indeks tanaman.

“Jadi ada pembukaan lahan baru dan penambahan indeks tanaman. Kalau yang sebelumnya hanya ditanam satu kali, selanjutnya bisa dua kali,” ujarnya.

Katanya, verifikasi yang dilakukan termasuk memverifikasi kembali data kebutuhan pupuk bersubsidi di distrik dan kampung, dengan harapan kebutuhan pupuk dapat tepat waktu.

Sekda Kabupaten Merauke, Daniel Pauta mengatakan, musyawarah ini diharapkan mencapai kesepakatan dan diperlukan menejemen, serta koordinasi yang baik antara petani, juga pemerintah,

“Masalahnya adalah keterlambatan pupuk, sampai ke petani saat sudah waktunya musim tanam. Selain itu, harga jual panen yang kurang berpihak ke petani,” ucap Pauta.

Musyawarah tersebut kata dia, dapat menghasilkan kesepakatan bersama dan menjawab berbagai masalah yang dihadapi petani di lapangan. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement