Sebarkan Informasi HIV-AIDS, KPA Merauke Gandeng Toga

Sebarkan Informasi HIV-AIDS, KPA Merauke Gandeng Toga

Sekretaris KPA Merauke, Tuban Sriyono

Metro Merauke – Berbagai upaya dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Merauke, Papua untuk menyebar luaskan informasi bahaya penyakit HIV-AIDS (Human Immunodeficiency Virus/-Acquired Immune Deficiency Syndrome). Salah satunya menggandeng para tokoh agama (toga) di daerah itu.

Sedikitnya 30an orang tokoh agama Katolik dan Protestan dilatih selama dua hari terakhir, sebagai bentuk kepedulian mencegah penyebaran penyakit yang belum ada obatnya itu.

Sekretaris KPA Merauke, Tuban Sriyono mengatakan, tokoh agama memiliki peran penting dalam pencegahan penyebaran penyakit itu. Penanggulangan penyakit HIV-AIDS membutuhkan peran, dukungan dan partisipasi semua pihak.

“Diharapkan dengan ketelibatan tokoh agama mencegah perkembangan, dengan menyampaikan dari sisi keagamaan,” katanya, Senin (30/10).

Dalam pelatihan, para tokoh agama dibekali berbagai informasi pencegahan HIV-AIDS, salah satunya lewat sirkumsisi (sunat). Kedepan, pelatihan serupa secara kontinyu akan dilakukan dengan sasaran tokoh agama lainnya.

“Data terakhir, kasus HIV-AIDS di Kabupaten Merauke hingga Agustus telah mencapai 2.031 kasus. Masalah ini menjadi tanggung jawab semua komponen masyarakat, untuk bersama menekan laju pertumbuhannya,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement