Ketua DPRD Merauke: Tiga Tahun Anak Kaptel Tak Lanjut Pendidikan

Ketua DPRD Merauke: Tiga Tahun Anak Kaptel Tak Lanjut Pendidikan

Ketua DPRD Merauke, Fransiskus Sirfefa

Metro Merauke – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Papua, Fransiskus Sirfefa mengatakan, selama tiga tahun, anak-anak SD di lima kampung di Distrik Kaptel, Kabupaten Merauke, tak melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama (SMP).

“Saya baru mengetahui setelah melakukan kunjungan kerja ke Distrik Kaptel beberapa hari lalu. Ini disampaikan beberapa guru SMP saat dialog berlangsung,” kata Fransiskus kepada sejumlah wartawan, Senin (30/10).

Dikatakan, salah satu penyebab anak-anak Kaptel tak melanjutkan pendidikan, lantaran jauhnya jarak tempuh dari rumah ke sekolah. “Bagaimana tidak, SMP ada di ibu kota distrik, sementara perjalanan dari kampung ke distrik butuh waktu tujuh jam dalam sehari,” ujarnya.

Katanya, kondisi ini tentu menyulitkan orang tua menyekolahkan anak mereka kejenjang pedidikan SMP. “Saya kira ini menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke,” ucapnya.

Menurutnya, dinas perlu segera melakukan komunikasi dengan orang tua siswa di lima kampung, untuk mencari solusi. Apakah dengan menyewa rumah di distrik, sambil memprogramkan pembangunan asrama.

“Untuk sementara anak-anak dari lima kampung ke ibukota distrik melanjutkan studi ke bangku SMP, sambil dinas mencari tempat tinggal untuk mereka,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement