Bendungan PLTA akan Dibangun di Boven Digoel, 2019 Mendatang

Bendungan PLTA akan Dibangun di Boven Digoel, 2019 Mendatang

Kepala Balai Wilayah Sungai Papua, Merauke, Nimbrot Rumaropen

Metro Merauke – Kepala Balai Wilayah Sungai Papua, Merauke, Nimbrot Rumaropen mengatakan, akan dibangun dua bendungan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yakni bendungan Digoel dan Baliem.

Ia mengatakan, untuk bendungan Digoel di Kabupaten Boven Digoel, sementara masuk study kelayakan, dan rencana pembangunannya dilaksanakan, 2019.

“Perencanaan pembangunan bendungan sejak tahun ini hingga 2018. Bendungan ini memiliki daya 65,13 megawatt, dan akan dibangun di Distrik Waropko. Daya tersebut diharapkan mampu melayani kebutuhan listrik di wilayah selatan Papua,” kata Nimbrot Rumaropen, Senin (30/10).

Menurutnya, tinggi bendungan nantinya 40 meter. Disesuaikan dengan topografi wilayah daerah tersebut. Ada pertimbangan teknis, sehingga tidak memungkinkan dibangun lebih tinggi dari 40 meter.

“Tetapi kalau di wilayah pegunungan, bisa dibangun lebih tinggi dari itu. Bendungan Baliem baru tahap perencanaan pada 2019 dan akan dikerjakan setelah selesai study kelayakan,” ujarnya.

Katanya, dengan adanya pembangkit listrik tenaga air, kebutuhan listrik hingga ke kampung-kampung di wilayah selatan Papua dapat terpenuhi, dan lebih hemat dalam pemakaiannya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement

1 komentar