Bupati Mappi Gagas Kampung Percontohan

Bupati Mappi Gagas Kampung Percontohan

Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu menerima prasasti pembuatan jembatan gantung

Metro Merauke – Bupati Mappi, Papua, Kristosimus Agawemu menggagas pembentukan kampung percontohan di wilayah pemerintahannya.

“Pembangunan kampung percontohan akan dimulai tahun depan. Pemkab membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk menjalin kerjasama dengan TNI,” ucap Bupati Agawemu kepada wartawan usai mengikuti upacara hari Sumpah Pemuda dan puncak Ekspedisi NKRI 2017 di Merauke, Sabtu (28/10).

Menurutnya, Mappi merupakan kabupaten dengan potensi sumber alamnya yang sangat besar dalam bidang pertanian, perkebunan dan perikanan. Namun sejumlah kampung di wilayah itu belum tersentuh pembangunan secara maksimal.

Untuk itu, langkah pembentukan kampung percontohan dilakukan, guna memacu pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan menggerakkan perekonomian, dan peningkatan pembangunan infrastruktur.

Konsep pembangunan menuju masyarakat Papua mandiri melalui kampung percontohan dinilai tepat, dan secara bertahap akan mengatasi masalah di Mappi. “Program itu untuk masyarakat asli Mappi di perkotaan, pemukiman masyarakat yang belum tersentuh pemerintahan dan pengembangan ekonomi masyarakat rawa,” ujarnya.

Dikatakan, untuk pengembangan ekonomi masyarakat rawa, akan dibangun satu pemukiman percontohan di tengah rawa. Ini akan menjadi icon daerah Mappi, kabupaten yang dijuluki kota sejuta rawa.

Katanya, kunci pembangunan kabupaten terletak pada pembangunan di kampung. Untuk dapat mengejar ketertinggalan, berbagai sektor pembangunan harus digerakkan, supaya masyarakat kampung mandiri dan maju. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement