Dana Desa Kampung Gemikya Digunakan Rehab 50 Rumah Warga

Dana Desa Kampung Gemikya Digunakan Rehab 50 Rumah Warga

Rumah masyarakat di Kampung Gemikya, Distrik Edera yang tidak layak di tempati

Metro Merauke – Kepala Kampung Gemikya, Distrik Edera, Kabupaten Mappi,  Frederikus Kontahay mengatakan, dana desa tahap pertama yang diterima pihaknya tahun ini digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan di kampung, termasuk merehap 50 rumah warga.

Kepada Metro Merauke di Bade beberapa hari lalu, Kontahay mengatakan, tahun ini dana desa yang diterima pihaknya mencapai Rp1,2 miliar. dan pencairan tahap pertama senilai Rp 655 juta telah dilakukan.

Katanya, selain memperbaiki atap rumah warga, dana desa juga digunakan membangun enam MCK dan dua sumur umum untuk warganya.

“Ada juga anggaran yang dialokasikan untuk pembelian seragam sekolah anak-anak di SD Gemikya, dan beberapa kegiatan lain sesuai hasil kesepakatan bersama,” katanya.

Menurutnya, sejumlah kegiatan yang dijalankan melibatkan warga kampung, karena fasilitas yang dibangun, juga dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang.

Mengenai pencairan sisa dana desa, pihaknya sedang menyelesaikan laporan pertanggungjawaban. Dalam beberapa hari kedepan, pihaknya akan mengantar laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tahap pertama distrik.

“Sekaligus kami menunggu pencairan dana terakhir, sehingga berbagai kegiatan pembangunan di kampung yang telah direncanakan, dapat dijalankan,” ujarnya.

Ia berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo, karena memberikan perhatian kepada masyarakat di kampung-kampung dengan menyalurkan anggaran melalui dana desa untuk berbagai pembangunan, dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. (LKF/Arjuna)

Advertisement