TKBM Pelabuhan Bade Butuh Perhatian Pemkab Mappi

TKBM Pelabuhan Bade Butuh Perhatian Pemkab Mappi

Para TKBM di Pelabuhan Bade

Metro Merauke – Puluhan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Bade, Distrik Edera, Kabupaten Mappi, Papua butuh perhatian Pemkab Mappi, dengan cara menaikkan tarif bongkar muat barang.

“Terus terang, berulang kali kami meminta tarif pembongkaran barang dari kapal dinaikkan dari Rp55 ribu perton menjadi Rp150 ribu perton,” kata salah seorang mandor Pelabuhan Bade, Laurensius Kamkopaimu kepada Metro Merauke, Kamis (26/10).

Menurutnya, tarif yang berlaku selama ini merupakan kesepakatan TKBM dengan pemilik barang. Namun nominal itu dinilai sangat rendah, karena pembongkaran dalam jumlah banyak hanya dihargai Rp55 ribu perton, sehingga butuh campur tangan pemerintah daerah sebagai acuan.

“Bagaimana mungkin kami bisa membagi kepada buruh kalau harga yang ditetapkan sangat rendah,” ujarnya.

Selain itu, pembongkaran barang berupa beras, semen dan sembako dari atas kapal, dilakukan secara manual. “Kami berharap ada perhatian pemerintah menaikan tarif lagi,” katanya.

Katanya, ketika Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu berkunjungan ke Distrik Edera, para TKBM telah mengusulkan kenaikkan tarif bongkar muat barang. Mereka berharap, usulan itu mendapat respon dalam waktu dekat. (LKF/Arjuna)

Advertisement