Selama 10 Tahun, Masyarakat Edera Tak Merasakan Rastra
Kesra

Selama 10 Tahun, Masyarakat Edera Tak Merasakan Rastra

Masyarakat Dsitrik Edera, Kabupaten Mappi, Papua

Metro Merauke – Selama kurun waktu 10 tahun (2007-2017), masyarakat enam kampung di Distrik Edera, Kabupaten Mappi, Papua, sebagian besar tidak masuk dalam daftar penerima manfaat (DPM), sehingga tak merasakan beras sejahtera (rastra).

“Dari data yang kami miliki, hanya 1.031 kepala keluarga menerima jatah rastra. Sebanyak 1.969 kepala keluarga lain, tidak menerima lantaran belum masuk dalam DPM,” kata Kepala Distrik Edera, Yakobus Kontaray kepada Metro Merauke, Kamis (26/10).

Menurutnya, pihaknya pernah mengambil kebijakan membagi rata rastra untuk semua kepala keluarga di enam kampung. Hanya saja menimbulkan polemik di kalangan warga, lantaran jatah setiap kepala keluarga yang mendapatkan tiga karung dalam tiga bulan sekali, menjadi berkurang.

“Aksi protespun datang, sehingga dalam beberapa tahun terakhir, kami mengacu pada daftar yang ada. Jadi, terpaksa ribuan warga lain tak mendapatkan rastra,” ujarnya.

Katanya, pihaknya telah menyampaikan masalah itu kepada Pemkab Mappi, dan rencananya tahun depan, kuota rastra akan dinaikkan sesuai jumlah penduduk. (LKF/Arjuna)

Post Comment