Ketua NasDem Merauke Dukung Ada Dapil Khusus

Ketua NasDem Merauke Dukung Ada Dapil Khusus

Ketua DPD NasDem Merauke yang juga Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze

Metro Merauke – Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Merauke, Papua, Frederikus Gebze mengatakan, mendukung gagasan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Merauke membentuk daerah pemilihan (dapil) khusus.

Dapil khusus ini akan diperuntukkan kepada calon legislatif (caleg) asli Papua, terutama di distrik yang warganya didominasi orang asli Papua.

Bupati Merauke itu menilai tepat jika ada dapil khusus, supaya politikus orang asli Papua dapat maju dan bersaing.

“Meskipun dapil khusus tidak tercantum dalam aturan, tapi kita mengambil referensi Undang-Undang Otsus, memberikan perlakuan dan perhatian khusus kepada masyarakat asli Papua,” katanya, Kamis (26/10).

Ia berharap politikus dan partai politik dapat memanfaatkan hal tersebut dengan baik, salah satunya mempersiapkan kader maupun kesiapan caleg sendiri untuk menjawab tantangan itu.

“Penempatan dapil khusus harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para caleg dan politisi, supaya mengakomodir hak-hak politik mereka,” ujarnya.

Sebagai pembina politik di Merauke, ia mengajak parpol dan politisi melihat peluang yang diwacanakan KPUD itu dengan baik. Tidak kalah penting, dalam penyiapan caleg yang mumpuni, mandiri dan mampu bersaing.

“Ini memberikan peluang kepada politisi asli Papua, sehingga perlu mengubah performa dan harus mampu bersaing secara sehat,” katanya.

Ketua KPUD Merauke, Antonius Kaize dalam rapat koordinasi terkait data kependudukan dan data administrasi Kabupaten Merauke untuk Pemilihan Gubernur Papua belum lama ini mengatakan, tawaran itu akan disampaikan kepada partai politik peserta pemilu.

Ini untuk mengakomidir, dan memberikan ruang kepada anak-anak asli Papua supaya pada Pemilu Legislatif 2019, ada orang asli Papua yang dapat duduk di kursi parlemen.

Dapil khusus ini yakni Dapil III meliputi Distrik Sota, Elikobel, Muting, dan Ulilin dengan jumlah empat kursi, serta Dapil V meliputi Distrik Malind, Kaptel, Okaba, Ngguti, Tubang, Kimaam, Waan dan Tabonji dengan jumlah lima kursi. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement