Bhayangkari Polres Merauke dan BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

Bhayangkari Polres Merauke dan BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

Metro Merauke – Bhayangkari Polres Merauke dan BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Papua menggelar pemeriksaan iva test (inspeksi vagina dan asam asetas), dan deteksi dini kesehatan payudara di Puskesmas Mopah, Selasa (24/10).

“Kanker serviks dan kanker payudara terdeteksi setelah ada gejalanya. Kalau sudah tahap ini, berarti sudah stadium tiga. Harus dideteksi dini untuk pencegahannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Merauke, Adolf Bolang dalam sambutannya.

Pemeriksaan iva hanya untuk wanita yang sudah menikah atau telah mempunyai anak. Pemeriksaan dilakukan dengan memasukan alat ke dalam rahim, untuk mendeteksi penyakit di dalamnya.

Untuk pemeriksaan payudara, terdapat dua cara yaitu sadarnis (periksa payudara klinis) dan sadari (periksa payudara sendiri).

“Melakukan pemeriksaan sendiri saat mandi setiap hari. Apakah ada benjolan atau tanda-tanda yang mencurigakan, dan segera disampaikan ke petugas kesehatan guna pencegahannya,” ujarnya.

Ketua Bhayangkari Polres Merauke, Chandra Marpaung berharap, pemeriksaan dini membantu masyarakat lebih mengenal gejala kanker dan melakukan pencegahan.

“Kegiatan lain yang dilakukan ibu Bhayangkari Merauke adalah membagikan akta kelahiran gratis kepada 25 anak. Mendatangi sekolah-sekolah dan memberikan siswa materi bahaya seks usia dini, juga bahaya narkoba,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement

Bhayangkari Polres Merauke, Papua Foto Bersama Usai Kegiatan