Lurah Samkai akan Tata Pantai Imbuti

Lurah Samkai akan Tata Pantai Imbuti

Lurah Samkai, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Amelia Ester Padwa

Metro Merauke – Kelurahan Samkai akan melakukan penataan disepanjang Pantai Imbuti, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua atau yang dulunya dikenal dengan nama Pantai Lampu Satu.

Lurah Samkai, Amelia Ester Padwa mengatakan, penataan ini untuk mendukung peningkatan pariwisata di daerah itu. Penataan ulang kawasan pantai salah satunya dengan menertibkan tempat pembuatan kapal di sepanjang pantai.

Pihaknya sudah menghentikan sementara seluruh aktivitas pembuatan kapal yang selama ini lakukan di bibir pantai, karena telah mengganggu aktivitas masyarakat. Selain itu, limbah pembuatan kapal dapat mengurangi keindahan panorama pantai.

“Kami sedang menata pembuatan kapal, tidak lagi dilakukan semrawut di sekitar pantai, tapi diarahkan dan ditata dengan baik, termasuk untuk mengatasi sampah sisa pembuatan kapal juga harus diperhatikan,” katanya kepada wartawan belum ini.

Menurutnya, sebagai tindaklanjut program penataan pantai, setiap warga yang hendak membuat kapal diharuskan melapor terlebih dahulu ke kelurahan.

“Kami perlu survei untuk memastikan lokasi pembuatan kapal, sudah tepat dan tidak sembarangan lagi,” ujarnya.

Katanya, masalah penataan kawasan pantai menjadi prioritas, untuk menjawab harapan bupati menjadikan sektor perawisata lebih baik.

“Saat dilantik, penekanan bupati yang utama, lurah Samkai harus mampu melakukan penataan pantai. Ini harus sama-sama kita buktikan,” ucapnya.

Upaya menata Pantai Imbuti didukung penuh masyarakat, sehingga ia optimis harapan menata salah satu tujuan wisata lokal itu secara bertahap dapat terwujud.

“Kami sudah mulai dengan pembersihan pantai dan penempatan bak sampah. Kemudian penertiban kapal-kapal di pantai. Selanjutnya, saya akan melakukan pendataan warga kelurahan Samkai secara menyeluruh dan akurat,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement