Sejumlah Siswa SMA/SMK Merauke Ikut Lomba Karya Ilmiah

Sejumlah Siswa SMA/SMK Merauke Ikut Lomba Karya Ilmiah

Peserta Lomba Karya Ilmiah Remaja Tahun 2017

Metro Merauke – Sejumlah siswa SMA/SMK di Kabupaten Merauke, Papua mengikuti lomba menulis karya ilmiah, Jumat (20/10).

Lomba ini diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Merauke bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kegiatan serupa sudah dilaksanan sejak 2015 lalu.

Lomba karya ilmiah merupakan ajang kompetensi untuk remaja dalam dunia penelitian, dengan tujuan mengembangkan kemampuannya, dan mengembangkan minat remaja supaya tertarik pada bidang penelitian dan inovasi.

“Para remaja diperkenalkan berpikir secara ilmiah dan mencoba mengungkapkan potensi yang ada di alam untuk dimanfaatkan manusia,” kata Asisten II Setda Kabupaten Merauke, Selestinus Kahol, Jumat (20/10), ketika pembukaan lomba.

Menurutnya, tema lima karya ilmiah remaja tahun ini, kreatifitas dan inovasi generasi muda dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis potensi kearifan lokal.

“Banyak potensi lokal di Merauke yang bisa digali melalui karya ilmiah remaja. Para siswa diberikan kesempatan untuk berlomba menemukan inovasi baru dan bermanfaat,” ujarnya.

Katanya, menggali potensi lokal melalui karya ilmiah dan melakukan kajian, butuh perhatian pemerintah, sebab kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, berawal dari penelitian, serta berbagai karya ilmiah yang dilakukan.

“Peserta lomba berasal dari SMA/SMK yang ada di Kabupaten Merauke. Masing-masing kelompok akan membuktikan kemampuannya,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement