Ribuan Butir Obat yang Disita Polres Merauke Dipastikan PCC

Ribuan Butir Obat yang Disita Polres Merauke Dipastikan PCC

Kapolres Merauke, Papua, AKBP Bahara Marpaung

Metro Merauke – Ribuan butir obat yang disita Polres Merauke dari seorang ibu rumah tangga berinisial IR beberapa pekan lalu, dipastikan merupakan pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC).

Kepastian itu berdasarkan hasil uji sampel pil yang dikirim ke Laboratorium Forensik (Labfor) Polri di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Semua sampel obat yang dibawa ke Labfor Makassar positif PCC. Kami terus menelusuri kasus pil PCC yang kini diduga sudah sempat beredar di Merauke,” kata Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung kepada wartawan, Jumat (20/10).

Menurutnya, IR telah ditetapkan sebagai tersangka, dan harus mempertanggung jawabkan perbuatannya karena memiliki 4886 pil PCC.

“Tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Kasus ini terus kami dalami,” ucapnya.

Katanya, dari hasil pemeriksaan polisi, tersangka mengaku sudah tiga kali mendatangkan pil PCC ke Merauke pada tahun ini.

“Jadi ada 6.000 butir PCC yang telah lolos dan beredar di Merauke, namun IR mengaku tidak ingat lagi sasaran distribusinya saat itu,” katanya.

Untuk mencegah hal ini tidak terjadi lagi, kepolisian berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya, untuk besama-sama mengungkap pengedar barang berbahaya itu. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement