Pemprov Papua Kampanyekan Merauke Menuju Adipura

Pemprov Papua Kampanyekan Merauke Menuju Adipura

Kepala Bidang Upaya Pengembangan Kapasitas Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Iriana Samuel

Metro Merauke – Pemerintah Provinsi Papua yang diwakili Kepala Bidang Upaya Pengembangan Kapasitas Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Iriana Samuel bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Merauke untuk kampanye go Adipura Kabupaten Merauke 2020, Jumat (20/10).

Ia mengatakan, Merauke salah daerah yang dipercayakan sebagai penyelenggara PON XX, 2020 di Papua. Untuk itu, Pemprov Papua mendorong pertumbuhan dan penataan Kota Merauke, sehingga nantinya berpeluang dianugerahi piala Adipura.

Katanya, program Adipura merupakan salah satu instrumen Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan Adipura diberikan untuk daerah yang dinilai mampu mengintegrasikan aspek pembangunan, ekonomi, sosial dan, lingkungan hidup.

Di hadapan Wakil Bupati Merauke, Sularso dan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Iriana mengatakan, Kabupaten Merauke berpeluang besar mendapat penghargaan Adipura. Terlebih pada 2013 lalu, daerah tersebut mendapatkan sertifikat, sehingga perlu pemantapan.

Katanya, untuk mewujudkan harapan itu, harus ada aksi nyata perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melalui aktifitas ramah lingkungan, menjadikan kota bersih, sehat, indah, dan nyaman

“Ini menindaklanjuti program Provinsi Papua memiliki satu program mendukung program Adipura, sasarannya adalah daerah-daerah penyelenggara venue PON 2020, salah satunya Merauke. Kami melihat Merauke sudah memiliki progres itu, saya optimis sekali Merauke mampu mewujudkannya,” kata Iriana Samuel.

Secara teknis lanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup di Merauke yang menjadi leader mengkoordinir capaian program bersama OPD terkait, sebagai bentuk sinergitas keberhasilan program.

Nantinya penyerahan penghargaan untuk daerah-daerah yang berhasil meraih Adipura akan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

“Kali ini tim provinsi turun monitoring untuk melihat progres. Nantinya penilaian menuju Adipura dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup. Sekarang semua komponen harus ikut menciptakan kota Merauke bersih, sehat, indah, dan nyaman,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement