Polres Merauke akan Bubarkan Pasar Malam Ilegal

Polres Merauke akan Bubarkan Pasar Malam Ilegal

Lokasi pasar malam di Jalan Ahmad Yani, Kota Merauke, Papua

Metro Merauke – Kapolres Merauke, Papua, AKBP Bahara Marpaung mengatakan, pihaknya akan membubarkan pasar malam yang telah beroperasi lebih dari sepakan, di Jalan Ahmad Yani, Kota Merauke lantaran tidak mengantongi izin kepolisian.

Ia mengatakan, Polres Merauke akan menyelidiki beroparasinya pasar malam ilegal yang dibuka tanpa izin pihak kepolisian.

“Sampai saat ini Polres Merauke tidak pernah mengeluarkan izin keramaian yang diajukan pengelola pasar malam,” ucap Kaporles kepada sejumlah wartawan, Kamis (19/10).

Menurutnya, hingga kini pengelola pasar malam tidak memenuhi berbagai persyaratan sebelum izin keramaian diterbitkan. Sejumlah persyaratan yang dibutuhkan itu yakni surat rekomendasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), rekomendasi RT/RW maupun pemerintah daerah.

“Bila sudah lengkap, izin dapat diproses. Tapi sampai sekarang syarat itu belum dipenuhi, sehingga kami tidak mengeluarkan izin. Jika tak ada izin, kami akan bubarkan,” katanya.

Selain rekomendasi dari berbagai pihak kata AKBP Bahara, hal utama adalah pengelola diminta membuat pernyataan bahwa di dalam pasar malam tidak ada perjudian, karena kepolisian tidak mentolerir aktifitas perjudian.

Selain belum memiliki izin, lokasi pasar malam juga dekat dengan jalan raya serta SPBU, sehingga dinilai rawan. “Sore ini akan dipanggil yang bersangkutan supaya tidak melakukan kegiatan. Kalau tetap melakukan perlawanan, akan menerima resiko,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement