Balai TN Wasur Rutin Memberikan Bantuan kepada OAP

Balai TN Wasur Rutin Memberikan Bantuan kepada OAP

Kepala Balai TNI Wasur, Donald Hutasoit

Metro Merauke – Kepala Balai Taman Nasional (TN) Wasur, Kabupaten Merauke, Papua, Donald Hutasoit mengatakan, pihaknya secara rutin memberikan perhatian melalui berbagai bantuan kepada orang asli Papua (OAP) yang mendiami kawasan tersebut.

“Dari data yang kami miliki, terdapat 12 kampung yang didiami masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas setiap hari, termasuk mencari nafkah untuk keluarga,” kata Donald kepada Metro Merauke, Kamis (19/10).

Menurutnya, bantuan yang diberikan terkadang berupa jaring dan ternak. Ternak diberikan dengan harapan, masyarakat dapat mengurangi kebiasaan melakukan perburuan secara tradisional dalam kawasan hutan konservasi.

“Kami juga rutin mengunjungi masyarakat untuk berkomunikasi secara langsung. Jika ada permintaan bantuan, akan diusulkan ke pusat,” ucapnya.

Mengenai pembukaan lahan lanjut dia, telah ada zona pemanfaatan tradisional yang diberikan. Namun, petugas harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, dengan tujuan masyarakat tidak membuka lahan di tempat lain. “Kami selalu melakukan komunikasi terlebih dahulu sebelum hutan dibuka,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement