Ratusan Badan Usaha di Merauke Belum Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Ratusan Badan Usaha di Merauke Belum Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Sosialisasi Program Jamsostek Ketenagakerjaan di Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Merauke, Papua, Bobby Harun mengatakan, sebanyak 700 badan usaha di Merauke dengan 12 ribu tenaga kerja telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Namun Masih ada ratusan badan usaja lainnya yang belum mendaftar.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya supaya badan usaha yang belum terdaftar segera mendaftar.

“Sampai langkah hukum bagi yang belum juga mendaftar. Sanksinya ada sanksi hukum dan tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu,” katanya, Senin (16/10).

Menurut dia, sebelum menempuh langkah hukum, terlebih dahulu badan usaha akan diberikan surat peringatan hingga dua kali, kemudian denda, dan langkah terakhir melimpahkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kejaksaan Negeri Merauke untuk melakukan penindakan selanjutnya.

Katanya, tahun ini sudah 85 persen badan usaha sudah mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan 20 perusahaan yang menunggak, 85 persen diantaranya telah melunasi tunggakan.

“Kami harapkan seluruh badan usaha maupun lembaga yang mempekerjakan tenaga kerja, wajib mendaftarkan karyawannya, karena mereka mempunyai hak sama untuk memperoleh jaminan sosial, baik kesehatan maupun ketenagakerjaan,” ujarnya.

Senin (16/10), BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi Jamsostek Ketenagakerjaan kepada badan usaha yang belum mendaftar, menunggak, dan yang sudah terdaftar, namun belum pernah mengikuti sosialisasi terkait Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Sosialisasi ini menggandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Merauke, Kejaksaan Negeri Merauke, dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). (Getrudis/Arjuna)

Advertisement