OAP Dilatih Kesiapan Menjadi Pemimpin

OAP Dilatih Kesiapan Menjadi Pemimpin

Wakil Bupati Merauke, Sularso membuka kegiatan pelatihan kepemimpinan OAP

Metro Merauke – Organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Merauke, Papua menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan kapasitas building kepada orang asli Papua (OAP), Jumat (13/10), untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan kepada generasi muda asli Papua, dengan peserta mahasiswa, dan pelajar di Kabupaten Merauke.

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, sebelum menjadi pemimpin, ada banyak faktor yang harus dilakukan. Harus ada konsep, memahami semua bidang, profesional, menunjukkan pengabdian dan kejujuran.

“Pemimpin harus mampu mengayomi, memberikan kenyamanan, kewenangan yang benar terhadap yang dipimpin,” katanya saat membuka kegiatan di Aula LPP RRI Merauke.

Menurutnya, pemimpin melingkupi berbagai hal mulai dari kelompok terbesar di pemerintahan, masyarakat, hinga terkecil yakni menjadi pemimpin dalam keluarga.

“Masing-masing bagian tersebut harus bertanggung jawab kepada orang-orang yang dipimpinnya,” ujarnya.

Ia mengajak peserta mengembangkan daya kreasi dalam dunia kewirausahaan yang kini peluangnya sangat besar, dan terbuka di Kabupaten Merauke, misalnya bidang peternakan, pertanian, dan perikanan.

“Mari kita melihat peluang yang ada. Jangan fokus kepada pegawai negeri. Ada sumber daya alam yang bisa dikelola,” katanya.

Katanya, jangan biarkan sumber daya alam yang ada dikelola oleh orang lain. Kita yang harus memanfaatkannya sendiri, demi kemajuan masa depan dan anak-anak kita.

Dikatakan, kita harus pandai berpikir, dan jeli melihat peluang yang bisa dimanfaatkan. Harus berperan untuk kesejahteraan, dan masa depan.

“Punya pendapatan yang baik, tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement