Tak Ada Biaya, Dua Bus Damri Tidak Beroperasi

Tak Ada Biaya, Dua Bus Damri Tidak Beroperasi

Dua unit bus Damri di Distrik Okaba yang sudah lama tidak lagi beroperasi

Metro Merauke – Dua bus Damri di Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua sejak beberapa bulan terakhir tidak beroperasi melayani transportasi warga, lantaran terkendala biaya operasional.

Pemerintah distrik tak mampu lagi membayar biaya operasional bus yang dinilai terlalu tinggi, dan tak ada alokasi anggaran untuk operasional bus.

“Sejak diserahkan, penggunaannya tidak disertai biaya operasional, sehingga kami kesulitan untuk pembiayaannya. Di Distrik Okaba tidak ada biaya operasional bus Damri,” kata Kepala Distrik Okaba, Fransiskus Kamijai, Selasa (10/10).

Lantaran tak beroperasi karena tidak ada anggaran, bus Damri itu hanya diperkir di halaman rumah jabatan distrik.

Menurutnya, keberadaan bus Damri memang dapat menjawab kebutuhan masyarakat kampung dalam kelancaran akses transportasi antara kampung, namun perlu disertai biaya operasional.

“Bahkan dalam beberapa waktu, operasional bus, menggunakan dana pribadi kepala distrik, karena warga maunya naik gratis, padahal kebutuhan operasional bus dari BBM dan gaji sopir, nilainya besar. Lama-kelamaan kami angkat tangan, dan bus terpaksa tidak operasikan,” ucapnya.

Selain membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit, kelancaran mobilitas bus Damri di wilayah Okaba kata Kamijai, perlu akses jalan memadai. Diharapkan pemerintah dapat memperhatikan kondisi sejumlah jalan rusak di Distrik Okaba.

“Belum lagi di Okaba ini banyak sekali jalan yang sudah rusak. Ini juga menjadi salah satu faktor penghambat kelancaran aktivitas bus dalam melayani masyarakat,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement