BPBD Merauke Gelar FGD Penyusunan Peta Rawan Bencana

BPBD Merauke Gelar FGD Penyusunan Peta Rawan Bencana

Suasana FGD Penyusunan Peta Rawan Bencana di Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke, Papua menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang  penyusunan peta daerah rawan bencana di Kabupaten Merauke.

FGD digelar di Kantor BPBD Merauke dan diikuti 11 lurah, instansi terkait, organisasi perangkat daerah, dan masyarakat, Rabu (11/10).

Kepala BPBD Merauke, Tiasony Betaubun mengatakan, perlu membuat satu peta rawan bencana yang sesuai, menuju model tata ruang yang baik.

“Kalau daerah tidak memiliki data peta rawan bencana, akan sulit untuk mengatasi masalah,” katanya.

Ia meminta peserta memberikan masukan, dan data pendukung yang bisa disusun sebagai peta wilayah rawan bencana di semua daerah, di Kabupaten Merauke.

Menurutnya, kategori bencana adalah abrasi pantai, gempa bumi, daerah aliran sungai, kebakaran, banjir, tsunami, dan lainnya.

Peta rawan bencana akan diserahkan ke bagian penataan ruang, sehingga dalam menyusun rencana pembangunan berdasarkan peta itu.

“Kalau tidak ada ini, nanti susah. Supaya kalau mau ciptakan pembangunan, harus dilihat dari peta yang ada, kalau letaknya pada wilayah rawan, jangan dibangun,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement